di Dalam KA Sembrani

di Dalam KA Sembrani

Jumat, 22 Januari 2010

PERJALANAN PANJANG SANG RODA BESI INDONESIA

PERJALANAN PANJANG SANG RODA BESI INDONESIA


Pusat Pelestarian Benda dan Aset Bersejarah menyelenggarakan acara pameran Heritage yang berlangsung (30/12 – 12/1) di Museum Sejarah Jakarta, Jl Taman Fatahilah Kota Jakarta Barat. Adapun tema dari pameran ini adalah “ PERJALANAN PANJANG SANG RODA BESI “ yang akan menceritakan sejarah perkeretaapian Indonesia sejak awal berdirinya hingga saat ini dengan upaya pelestarian yang tengah dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan juga benda bersejarah yang dimiliki oleh PT. Kereta Api (Persero).

Penyelenggaraan pameran ini merupakan salah satu upaya dari PT. Kereta Api (Persero) dalam mengembangkan unit kerja yang baru dimiliki dengan nama Pusat Pelestarian Benda dan Aset Bersejarah. Tugas utama dari unit ini adalah mendata, menjaga, merawat dan melaksanakan berbagai kegiatan konservasi atas berbagai aset bersejarah yang dimiliki PT KA serta mengembangkan rencana pengembangan dan peruntukkannya di masa mendatang.

Para pengunjung sedang menyaksikan karya yang dipamerkan di museum Fatahilah, Jakarta

Pameran ini dibuka langsung oleh EVP Heritage & Conservation Ella Ubaidi, ditandai dengan pemotongan pita palang pintu dihadiri oleh tamu undangan dari instansi terkait maupun masyarakat umum. Dalam sambutannya Ella Ubaidi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan sejarah panjang perkeretaapian Indonesia sejak masa awal berdirinya hingga saat ini berikut upaya-upaya pelestarian yang tengah dilakukan untuk menjaga kelestarian bangunan dan benda bersejarah yang dimiliki oleh PT. Kereta Api dan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Selanjutnya dikatakan bahwa Kereta Api sudah ada jauh sebelum moda transportasi massal lainnya berkembang di Indonesia, karena usianya yang panjang dan perkembangannya maka PT. Kereta Api memiliki banyak sekali bangunan dan benda bersejarah yang selayaknya dipelihara dan dilestarikan. Benda-benda bersejarah ini tidak hanya terdiri dari bangunan-bangunan stasiun yang tersebar di berbagai wilayah di pulau Jawa dan Sumatra, tetapi juga berbagai bangunan menarik, lokomotif serta kereta dan gerbong tua yang pernah memiliki peran penting dalam perkembangan Bangsa dan Negara Indonesia.

Pameran ini menampilkan foto-foto kereta, gerbong, jembatan, stasiun, terowongan dan bangunan bersejarah lainnya yang tersebar di wilayah kereta api Jawa dan Sumatera. Acara ini disambut baik oleh para pengunjung Kawasan Kota Tua, terbukti setelah acara pembukaan banyak pengunjung yang menyempatkan datang untuk melihat-lihat pameran. Ada juga pengunjung yang berfoto-foto mengabadikan moment selama di ruang pameran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar